Identitas Jurusan

Berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 11 tahun 1997, tentang pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri(STAIN), maka semua fakultas di lingkungan Institut Agama Islam Negeri(IAIN) yang berada di luar IAIN induk berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri(STAIN). Demikian pula halnya dengan IAIN Ponorogo yang semula menginduk kepada Surabaya akhirnya harus melepaskan diri dari induknya yaitu IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Selanjutnya STAIN Ponorogo menjadi lembaga otonom dan merupakan unit organisasi tersendiri di lingkungan departemen agama yang dipimpin oleh ketua dan bertanggung jawab langsung kepada menteri agama. Pembinaan STAIN secara fungsional dilakukan oleh direktorat jenderal kelembagaan agama Islam departemen agama.
Jurusan Tarbiyah adalah salah satu dari tiga jurusan yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi agama Islam Negeri(STAIN) Ponorogo. Pendirian jurusan ini berdasarkan pada keputusan Menteri Agama RI No. 416/1997 tentang status STAIN Ponorogo, juga KMA No. 307/1997 tentang susunan dan organisasi STAIN dan SK Dirjen Binbaga Islam Depag RI No. E/154/1999 tertanggal 29-06-1999.
Sebagai institusi di bawah STAIN Ponorogo, Jurusan Tarbiyah mengkonsentrasikan diri untuk mencetak calon pendidik agama Islam yang profesional, berintegritas tinggi dan berkepribadian utuh. Pada awal berdirinya, di Jurusa Tarbiyah hanya ada satu program studi yaitu prodi PAI(Pendidikan Agama Islam). Pada berkembangan berikutnya, tepatnya pada tahun 2002, dibukalah prodi PBA(Pendidikan Bahasa Arab) berdasarkan izin operasional dari Dirjen Bagais nomor SK : DJ.II/347/2002. Kemudian disusul oleh program Diploma 2 PGMI(Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) tahun 2003, prodi TBI(Tadris Bahasa Inggris) dan prodi PGMI S1 tahun 2006. Dan pada tahun 2015 menambah dua prodi baru yaitu MPI(Manajemen Pendidikan Islam) dan PGRA(Pendidikan Guru Raudlatul Athfal).
Pimpinan Jurusan Tarbiyah dari masa ke masa
  1. Periode 1997 – 2001
  2. Ketua Jurusan : Dra.Hj.S.Maryam Yusuf, M.Ag
  3. Sekretaris: Drs. Kasnun
  4. Periode 2001 – 2002
  5. Ketua Jurusan: Dr.H.M.Suyudi, M.Ag
  6. Sekretaris: Drs. Kasnun
  7. Kaprodi PAI: Dra.St.Rodliyah, M.Pd
  8. Periode 2002 – 2006
  9. Ketua Jurusan: Drs.H.Edhy Mahfudh, MM
    Sekretaris:Drs.Kasnun
    Kaprodi PAI: Dra.St.Rodliyah, M.Pd
    Ketua jurusan:Drs.H.Edhy Mahfudh, MM
    Kaprodi PBA: Agus Tricahyo, M.A
    Kaprodi PAI: Drs.Ju’suabidi, M.Ag
Periode 2006 – 2010
Ketua Jurusan: Drs.Kasnun, MA
Sekretaris: Mukhlison Effendi, M.Ag
Kaprodi PAI: Dr.Basuki, M.Ag
Kaprodi PBA: H.Moh.Munir, M.Ag
Kaprodi PGMI: Moh.Miftahul Choiri, MA/Retno Widyaningrum, M.Pd
Kaprodi TBI: Drs.Harjali, M.Pd
Periode 2010 – 2014
Ketua jurusan: Mukhlison Effendi, M.Ag
Sekretaris: Dr.Basuki, M.Ag
Kaprodi PAI:Dr.M.Miftahul Ulum, M.Ag
Kaprodi PBA: H.Moh.Munir, M.Ag
Kaprodi PGMI: Retno Widyaningrum, M.Pd
Kaprodi TBI: Drs.Harjali, M.Pd

Profil STAIN Ponorogo